HomeIndeks

Recall Mitsubishi L300: 30 Ribu Unit Bermasalah, Mesin Bisa Mati Mendadak!

Recall Mitsubishi L300
Recall Mitsubishi L300

INITU.ID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi mengumumkan program recall atau kampanye pemeriksaan untuk model Mitsubishi L300. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Mitsubishi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemilik kendaraan, termasuk dalam layanan purna jual.

Masalah yang Ditemukan

Recall ini dimulai 6 Agustus 2025 dan berlaku untuk 30.823 unit Mitsubishi L300 yang diproduksi antara Juni 2022 – Januari 2024.
Hasil investigasi menemukan adanya potensi kerusakan pada Connecting Rod (batang penghubung) di mesin yang dapat membuat mesin mati mendadak dan tidak bisa dinyalakan kembali.

Kerusakan ini disebabkan oleh:

  • Waterproof yang kurang maksimal pada konektor engine control harness.
  • Kerusakan injector akibat kontaminasi bahan bakar dan penggunaan filter bahan bakar non-original.

Langkah Perbaikan

Seluruh unit yang terlibat akan diperiksa di diler resmi Mitsubishi Motors. Jika ditemukan masalah, teknisi akan:

  • Memperbaiki atau mengganti konektor (harness).
  • Mengganti Common Rail dan Pipe bila diperlukan.
  • Memberikan penggantian fuel filter original secara gratis.

Khusus bagi konsumen yang berpartisipasi dalam kampanye ini, Mitsubishi akan memberikan bonus 10 fuel filter original yang dibagikan sesuai jadwal servis berkala.

BACA JUGA: VinFast: Pabrik Mobil Masa Depan dari Vietnam yang Siap Guncang Dunia Otomotif

Estimasi waktu pemeriksaan dan perbaikan sekitar 1–4 jam, tergantung kondisi kendaraan.

Perbaikan Produksi untuk Model Baru

Agar masalah ini tidak terulang, sejak 1 Februari 2024 pabrik Mitsubishi di Indonesia (MMKI) sudah menggunakan kabel kontrol mesin baru dengan ketahanan air yang lebih tinggi.

Cara Mengecek & Ikut Recall

Pemilik Mitsubishi L300 produksi Juni 2022 – Januari 2024 dapat memastikan apakah kendaraannya termasuk dalam daftar recall dengan cara:

  1. Menghubungi diler resmi Mitsubishi Motors (daftar ada di website resmi).
  2. Menghubungi Mitsubishi Motors Customer Care di 0804–1–300–300.
  3. Menghubungi MIRA via WhatsApp di 0811–1301–1300 atau aplikasi My Mitsubishi Motors (klik di sini).
  4. Memasukkan nomor rangka di laman resmi kampanye pemeriksaan Mitsubishi.

Setelah itu, konsumen bisa melakukan booking jadwal pemeriksaan di diler resmi. Semua proses gratis tanpa biaya.

Pernyataan Resmi

“Kami mengundang konsumen Mitsubishi L300 dengan kendaraan terlibat untuk memeriksakan kendaraannya. Prosedurnya mudah dan tanpa biaya,” kata Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI.

Exit mobile version