Bacaan Semua Kalangan

Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Ali bin Abu Thalib

0

Khulafaurrrasyidin adalah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dari Allah. mereka memiliki sifat arif dan bijaksana dan merupakan sabahat terpilih yang menggantikan Rosulullah SAW setelah beliah wafat. Mereka antara laina adalah Abu Bakar Ashiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abu Thalib. Berikut kami tuliskan Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Ali bin Abu Thalib.

Riwayat Singkat Ali bin Abu Thalib

Merupakan khalifah keempat setelah Utsman bin Affan. Masa pemerintahan: 35-40 H/656-661M. Usianya lebih muda 32 tahundibandingkan Rasulullah saw.

Beliau terkenal dengan siasat perang dan ilmu pengetahuan yang tinggi. Ali bin Abi Thalib juga terkenal keberaniannya didalam peperangan. Beliau sudah mengikuti Rasulullah sejak kecil dan hidup bersama Beliau sampai Rasul diangkat menjadi Nabi hingga wafatnya.

Pada masa pemerintahan Ali bin Abi Thalib mulai terjadi perbedaanpendapat di antara sesama umat Islam. Bermula dari banyaknya orang yang menuntut balas kematian Utsman bin Affan, terutama dari kalangan Bani Umayyah dari kelompok Bunda Aisyah.

Suasana semakin memanas karena Ali mengganti para gubernuryang oernah diangkat oleh Utsman bin Affan.

Terjadiah perang Jamal (perang unta) antara pasukan Ali bin Abi Thalib dengan pasukan Bunda Aisyah. Selanjutnya kenapa dinamakan demikian karena pasukan Buda Aisyah menggunakan onta. Perang ini dimenangkan oleh Ali bin Abi Thalib.

Bunda Aisyah dipulangkan ke Madinah dengan hormat dan dimuliakan. Ali juga terkenal dengan kesederhanaannya.

Ali Bin Abi Thalib meninggal dalam umur 64 tahun dan dikuburkan di Koufah, Irak sekarang.

Note

Khalifah (bahasa Arab: خَليفة‎; khalīfah) adalah gelar yang diberikan untuk penerus Nabi Muhammad dalam kepemimpinan umat Islam. Wilayah kewenangan khalifah disebut kekhalifahan atau Khilafah (bahasa Arab: خِلافة‎; khilāfah).

Baca juga “Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Abu Bakar Ash Shiddiq.”

Demikian sedikit ulasan “Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Ali bin Abu Thalib,” semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.