Sejarah Serta Alasan Kuat Menggunakan Sepeda Motor dan Mobil

0

Di jalan raya baik besar maupun kecil kita sering melihat kendaraan sepeda motor atau mobil melintas. Dua jenis kendaraan ini juga mendominasi kemacetan yang ada.

Agar lebih bijak dan menemukan solusi permasalahan tersebut, kami bermaksud membahas dua jenis kendaraan ini secara khusus. Berikut beberapa kutipannya.

Sejarah Sepeda Motor

Sepeda motor roda dua merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang lebih dahulu ditemukan. Pada tahun 1868, Michaux ex Cie, suatu perusahaan pertama di dunia yang memproduksi sepeda dalam skala besar, mulai mengembangkan mesin uap sebagai tenaga penggerak sepeda.

Namun usaha tersebut masih belum mencapai kesuksesan dan kemudian dilanjutkan oleh Edward Butler, seorang pria penemu asal Inggris. Butler membuat kendaraan roda tiga dengan suatu motor melalui pembakaran dalam. Sejak penemuan tersebut, semakin banyak dilakukan percobaan untuk membuat motor dan mobil. Salah satunya dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman.

Kedua penemu tersebut bertemu ketika bekerja bersama di Deutz-AG-Gasmotorenfabrik, produsen mesin stasioner terbesar pada tahun 1872. Pemilik Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang bernama Nikolaus Otto berhasil membuat mesin empat langkah atau yang disebut juga mesin empat tak dan penemuan tersebut dipatenkan pada tahun 1877.

Walaupun mesin empat tak tersebut masih terlalu sederhana dan kurang efisien, tetapi mesin tersebut diharapkan dapat menggantikan mesin uap. Pada tahun 1880, Daimler dan Maybach dipecat dari perusahaan tersebut dan keduanya mendirikan sebuah bengkel di Suttgart. Pada tahun 1885, keduanya menciptakan karburator untuk mencampur bensin dan udara sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin empat tak ciptaan Otto.

Mereka mengembangkan mesin empat tak tersebut menjadi silinder 100 cc dan meletakkan mesin tersebut pada sebuah sepeda kayu. Sepeda kayu bermesin tersebut disebut sebagai Reitwagen (“riding car”) dan menjadi sepeda motor pertama di dunia.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang memproduksi sepeda motor dengan pangsa pasar Indonesia. Antara lain Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Vespa dan lainnya.

Sejarah Mobil

Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.

Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju.

Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society.

Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.

Alasan Mengapa Menggunakan Sepeda Motor dan Mobil.

Ada persepsi yang keliru saat ini adalah orang yang menggunakan mobil adalah orang kaya, sementara orang yang menggunakan sepeda moto adalah orang yang miskin.

Ada beberapa alasan yang cukup kuat bagi seseorang untuk menggunakan sepeda motor saat ini, antara lain

  • Untuk menembus kemacetan.
  • Untuk mengurangi kemacetan.
  • Lebih irit bahan bakar dan mengurangi polusi,
  • Bisa digunakan untuk berangkat bekerja
  • Untuk mengantar barang

Agar tidak macet

Hampir disemua negara, kemacetan menjadi masalah yang sangat komplek. Apalgi negara berkembang karena belum ada regulasi khusus yang mengaturnya.

Berikut beberapa solusi versi kami yang barangkali bisa menjadi kenyataan suatu saat.

  • Adanya pembatasan jumlah kendaraan dalam satu waktu dan jalur.
  • Memberikan kenyamanan alat transportasi umum seperti bus, kereta KRL, angkutan umum dan sejenisnya
  • Menyarankan pembatasan penggunaan mobil, apalagi sendirian.
  • Pemberlakuaan ganjil genap secara masif
  • Disiplin dalam penegakan hukum
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.