Teknik Latihan Membaca Cepat Bagi Anak

Membaca adalah proses awal dalam menggali ilmu pengetahuan. Semakin banyak sumber ilmu yang didapatkan maka otomatis semakin banyak referensi dan akan menambah pengetahuan seseorang.

Salah satu upaya agar anak bertumbuh adalah dengan mengajarkan bisa membaca dengan cepat. Berikut beberapa teknik latihan membaca cepat bagi anak yang bisa anda ajarkan

  1. Sebelum membaca secara mendetail untuk mendapatkan pemahaman yang baik, ajarkan juga anak untuk menggunakan teknik “superscan”. Yaitu membaca dengan sanat cepat dan menandai bagian bagian yang menarik dengan penanda buku (bookmark).
  2. Milikilah tujuan sebelum membaca
  3. Jadilah pembaca yang aktif. Ajaklah untuk menggunakan tiga pertanyaan APA (mengapa, siapa, apa) dan tiga pertanyaan MANA (bagaimana, bilamana, di mana). Gunakan panca indra, menumbuhkan rasa ingin tau,ajaklah anak untuk membuat mind mapping.
  4. Mulailah dengan membaca kelompok kata bukan kata per kata
  5. Pastikan daam membaca menggunakan posisi tubuh yang benar. Duduk tegak dengan kaki menginjak lantai, jaga jarak andang membaca
  6. Bisa menggunakan alat bantu penunjuk baris
  7. Jangan lupa istirahat setelah membaca 20-25 menit dan stretcing tubuh agar tidak tegang.

Demikian sedikit teknik membaca cepat bagi anak yang dikutip dari buku cerdas mengajar terbitan grasindo, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.