Tempat Destinasi Wisata Hits Jogjakarta 2019 dan Harga Tiketnya

0 349

Ke Jogjakarta tidak ada bosan-bosannya, hampir setiap tahun ada saja destinasi wisata yang belum dikunjungi, kalaupun sudah pernah rasanya nostalgia seperti yang dinyanyikan Katon Bagaskara mengiang dalam pikiran.

Jogja memang istimewa, sebuah kota yang masih kental dengan budayanya, bahkan menjadi salahsatu daya tarik tersendiri wisatwan baik dari dalam maupun luar negeri.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau sering disebut dengan Jogja merupakan wilayah tertua kedua di Indonesia setelah Jawa Timur, yang dibentuk oleh pemerintah negara bagian Indonesia. Daerah setingkat provinsi ini juga memiliki status istimewa atau otonomi khusus. Status ini merupakan sebuah warisan dari zaman sebelum kemerdekaan.

Kesultanan Yogyakarta dan juga Kadipaten Paku Alaman, sebagai cikal bakal atau asal usul DIY, memiliki status sebagai “Kerajaan vasal/Negara bagian/Dependent state” dalam pemerintahan penjajahan mulai dari VOC , Hindia Perancis (Republik Bataav Belanda-Perancis), India Timur/EIC (Kerajaan Inggris), Hindia Belanda (Kerajaan Nederland), dan terakhir Tentara Angkatan Darat XVI Jepang (Kekaisaran Jepang). 

Jogjakarta sendiri saat ini terdiri dari 5 Kabupaten, antara lain Kota Ygyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunung Kidul. Dimana masing-masing memiliki destinasi wisata yang berbeda-beda.

Berikut beberapa pilihan destinasi wisata Yogyakarta yang diprediksi ngehits tahun 2019.

1. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor popular dengan tempat snorkeling. Di sini Anda berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar.

Bagi yang malas snorkeling pun Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore.

Tarif:Rp5.000,00 (tiket masuk), Rp30.000,00-Rp50.000,00 (snorkeling)

2. Jogja Bay Waterpark

Ini adalah kompleks wahana air di atas lahan seluas 7,7 hektar yang mengusung konsep bajak laut. Selain berbagai wahana air, di sini juga diselenggarakan pertunjukan bertema bajak laut.

Wajib ain foto dengan latar kapal bajak laut kalau berkesempatan liburan di sini.

Tarif: Rp60.000,00 (anak-anak), Rp90.000,00 (dewasa)

3. Kebun Teh Nglinggo

Kebun tehbisa kita singgahi di daerah Samigaluh, tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Katanya dulu pernah menjadi salah satu markas Pangeran Diponegoro, tetapi sekarang sudah berubah fungsi menjadi perkebunan dan tempat wisata.

Perkebunan Nglinggo menawarkan hawa yang sejuk, hamparan hijau pohon teh yang bikin mata adem, dan pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Aksesibilitas ke daerah ini juga sudah cukup bagus dan ada pula homestay yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam.

Tarif: Rp3.000,00

4. Tebing Breksi

Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata Jogja terpopuler di sepanjang tahun 2016 hingga 2017. Sesuai namanya, di daerah Tebing Breksi kita bisa menikmati keindahan tebing berukir yang sangat fotogenik.

Relief-relief yang menghias tebing memang baru dibuat. Tetapi tebing batuan breksinya sendiri terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Tarif: Gratis

5. Hutan Mangrove Kulon Progo

Wisata Jogja ngehits yang satu ini berupa kawasan mangrove atau bakau di desa pasir mendit Temon. Menyadari besarnya potensi wisata mangrove,warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk foto.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo (kotajiogja. com)

Letak Mangrove Kulon Progo berada di muara Sungai Bogowonto dan bisa ditempuh dari Yogyakarta dengan perjalanan selama 2 jam.

Tarif: Rp 4.000,00

6. Taman Sari

Jalan-jalan ke Yogyakarya belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu saja Taman Sari.

wisata keren jogja 2019 taman sari
wisata keren jogja 2019 taman sari

Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis. Kondisi bangunannya juga masih terjaga. Tak heran kalau sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding.

Seiring dengan perkembangan media sosial, taman sari menjadi populer karena ada spot-spot instagrammable

Tarif: Rp3.000,00

7. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Jogja murah meriah selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kita juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama.

Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp5.000,00 saja.

Tarif: Rp7.000,00

8. Pantai Baron, Krakal dan Kukup

Sekali jalan bisa menikmati keindahan 3 pantai sekaligus. Sensasi liburan murah meriah yang barangkali cuma bisa Anda rasakan di Desa Kemadang, Kcamatan Tanjungsari.

Dulu hanya Krakal yang dikenal wisatawan. Tetapi sekarang Baron yang berkontur lembah dan Kukup yang menonjol dengan pemandangan pegunungannya bisa dinikmati sepaket dengan Krakal.

9. Wisata Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru ini punya pemandangan yang sama cantiknya dengan Tebing Keraton. Uniknya lagi warga sekitar berkomitmen untuk menjaga kelestariannya, sehingga Kalibiru bisa menjadi kawasan ekowisata nomor 1 di Yogyakarta.

Kalibiru merupakan tempat yang asyik untuk trekking dengan latar pepohonan asri. Tetapi tujuan utama para traveler ke sini biasanya untuk menikmati sunset di atas pijakan yang sengaja dipasang di atas pohon. Dari titik tersebut kita juga bisa melihat Waduk Sermo dari kejauhan.

Tarif: Rp3.000,00

10. Hutan Pinus dan buah Mangunan

Selain Kalibiru, hutan pinus Mangunan juga jadi objek wisata Jogja wajib buat para pecinta alam. Di sini banyak sekali spot fotogenik yang bisa dieksplorasi.

Untuk masuk ke hutan pinus, Anda hanya akan dikenakan tarif parkir.

Tarif:  Rp 5.000,-

11. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah.

Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur.

Tarif: Rp7.000,00

12. Candi Ijo

Candi ini mungkin kurang terdengar namanya jika dibandingkan dengan Prambanan dan Borobudur. Padahal objek wisata Jogja yang satu ini juga tak kalah indah.

Candi Ijo menawarkan pemandangan alam sekitar yang indah plus sunset keren, karena kompleks candi didirikan di atas bukit. Untuk mencapai tempat ini Anda akan bertemu dengan Candi Ratu Boko terlebih dahulu.

Tarif: Rp5.000,00

13. Pantai Jogan Jogja

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Tak cuma punya pantai cantik dan karang yang eksotis, di sini juga ada air terjun setinggi 12 meter, lho. Sekarang sudah dilengkapi tangga kayu untuk melihatnya dari dekat.

Berkunjung ke pantai ini paling pas kalau Anda bisa menikmati gelombang pertama. Mencoba beberapa aktivitas ekstrem seperti river hiking dan cliff jumping juga boleh. Tetapi pastikan ada instruktur yang mendampingi.

Tarif: Rp3.000,00

Itulah deretan objek wisata Jogja yang bisa dinikmati dengan biaya sangat murah. Mulai dari pantai, gunung, sampai arsitektur kuno. Lengkap, kan?

Wisata Jogja malam

Yogyakarta yang dijuluki kota budaya ini juga terkenal akan wisata malamnya, lho. Destinasi wisata Jogja yang bisa dinikmati di malam hari ini tak hanya seru, tetapi juga murah meriah. Berikut ini beberapa di antaranya.

14. Alun-Alun Kidul

wisata populer jogja 2019 alun alun kidul jogja
wisata populer jogja 2019 alun alun kidul jogja

Ini, lho wisata Jogja yang murah meriah dan mudah dijangkau. Alun-Alun Kidul yang merupakan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sinilah pohon beringin kembar yang legendaris itu berada. Biasanya wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup. Meskipun terlihat mudah, ternyata banyak yang gagal, lho.

Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini Anda bisa menikmati jajan iseng-iseng di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni. Benar-benar semarak.

Tarif: Gratis

15. Taman Pelangi Monjali

Satu lagi wisata Jogja yang menawarkan romantisme sederhana di malam hari. Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali alias Monjali. Monumen yang berada di Jalan Lingkar Utara Yogyakarta itu tampil semarak dengan aneka bentuk lampion dan lampu warna-warni.

Tarif: Rp10.000,00 (weekdays), Rp15.000,00 (weekend)

16. Bukit Bintang Patuk

Wisata Jogja yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur ‘bintang’. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2.

Nongkrong bersama pasangan di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

Tarif: Gratis

17. Sate klathak Pleret

Selain gudeg, makanan khas yang perlu dicoba di kota budaya ini adalah sate klathak. Berupa potongan daging kambing muda berbumbu minim yang dibakar dengan tusukan kawat jeruji sepeda. Makanan ini bisa ditemui di daerah Pleret, Bantul. Beberapa kedai yang terkenal antara lain sate klathak Pak Pong, Pak Untung, Pak Jam, Mak Adi, dan Bu Jazim.

Karena bisa menghangatkan badan, sate klathak paling nikmat disantap saat malam hari. Apalagi kebanyakan warung sate klathak di Pleret memang buka sampai hampir tengah malam.

Tarif: Rp20.000,00

18. Malioboro

Bukan tanpa alasan kalau Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Soalnya tempat ini memang benar-benar terasa Jogja-nya. Suasana santai cocok untuk jalan-jalan dengan suguhan penjual kuliner dan souvenir Jogja

Dengan menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat itu kita bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak. Banyak tukang becak dan tukang delman yang sedikit ngotot menawarkan jasa mereka, jadi Anda harus tetap sabar meskipun harus menolak berkali-kali.

Malioboro bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini juga sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik. Saat ini trotoarnya sudah direnovasi dan diperlebar jadi tambah ciamik.

Tarif: Gratis

19. Museum Benteng Vredeburg

Di sebelah selatan Pasar Beringharjo ada benteng bekas penjara bagi para pejuang tanah air yang kini dialihfungsikan sebagai museum.

Tarif: Rp3.000,000

20. Taman Pintar (Tampin)

Di sisi timur Benteng Verdeburg ada Tampin yang menawarkan wisata edukasi dalam bentuk permainan. Ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Ada juga aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000,00 sampai Rp50.000,00. Biasanya tempat wisata Jogja ini ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

Tarif: Rp15.000,00 (pelajar), Rp20.000,00 (dewasa)

21. Taman Budaya Yogyakarta

Di sini kita bisa menikmati aneka pertunjukan seni danbudaya. Mulai dari ketoprak hingga teater bernuansa surealis.

Demikian sedikit ulasan “Tempat Destinasi Wisata Hits Jogjakarta 2019 dan Harga Tiketnya,” semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.