9 Jenis Usaha Kuliner Jajanan Paling Laku dan Laris Cocok Buat Bisnis

8 Jenis Usaha Kuliner Jajanan yang Paling Laku dan Laris Cocok Buat Bisnis

Usaha kuliner saat ini menjadi primadona bagi generasi millenial. Kebanyakan artis memiliki usaha sampingan berupa cake atau kue sebagai bahan dagangannya. Tidak sedikit bisnis kuliner yang sukses saat ini juga diprakarsai oleh anak muda Indonesia.

Pertanyaanya adalah jenis usaha kuliner apakah yang paling laris dan laku, sebagai bahan referensi kita untuk memulai usaha?

Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebelum memutuskan untuk menerjuni usaha tersebut. Berikut beberapa analisa sederhana dari redaksi.

  1. Perhatikan sumber bahan baku terbanyak di daerah tersebut
  2. Utamakan yang sesuai dengan minat anda
  3. Disesuaikan dengan kebiasaan budaya daerah tersebut
  4. Carilah lokasi strategis, metode marketing dan sistem manajemennya
  5. Carilah rekan bisnis yang loyal.

Tentu selain diatas masih banyak lagi, tidak kita jabarkan disini. Tapi setidaknya bisa menjadi acuan bagi pembaca yang ingin membuka usaha kuliner.

1. Kuliner Khas Daerah

Masakan daerah menjadi pilihan untuk membuka usaha kuliner, berbagai kuliner khas daerah yang sudah menasional bahkan mendunia seperti nasi padang, soto lamongan, rendang dan masih banyak lagi.

Foto Odading Viral
Foto Odading Viral

2. Menu Luar Negeri

Berbagai menu yang identik dengan luar negeri seperti misalnya jepang dengan menu takoyaki. Arab dengan nasi kebuli, Turki dengn kebabnya

3. Menu Modifikasi

Generasi milenials memang cenderung suka yang beda. Menu mie instant dengan modifikasi dan nama unik menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa rumah makan model cafe sudah mulai menjamur di beberapa kota besar.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng hampir ada di setiap sudut di Indonesia. Bahkan menjadi makanan favorite mantan presiden AS Barack Obama.

Variasi dan rasa yang kuat menjadi daya tarik tersendiri. Campuran daging babat, ayam atau telur ditambah hijau sayur bisa dicoba untuk disajikan dalam menu warung anda.

5. Bakso

Menu satu ini memang sangat populer. Dewasa ini muncul berbagai variant. Mulai dari bakso cinta, bakso kotak, bakso besar, dan berbagai variasi yang lainnya.

Selain enak, sederhana, dan indonesian taste. Bakso relatif mudah dalam pembuatannya dan penyimpanannya. Mau coba variant baru ? barangkali jodoh rezeki anda.

6. Sate

Sate menjadi pilihan menu. Ada sate madura sate Padang, sate Bandung dan sebagainya. Pilihan bahan ayam dan kambing juga bisa menjadi pilihan.

Makanan yang satu ini memang rasa universal. Banyak orang suka dan cocok di lidah, jadi sangat bagus untuk memulai usaha kuliner ini.

7. Martabak

Martabak asal Tegal hampir ada di beberapa kota di Indonesia, dengan berbagai pilihan menu ada yang manis ada yang asin. Dewasa ini berbagai pilihan menu mulai muncul sebagai pilihan. Ada ukuran mini dan ada ukuran besar.

8. Aneka Cake

Tidak heran banyak artis dan publik figur membuat brand sendiri dan menjual kue sebagai bisnisnya. Melalui akun instagramnya para artis dan selebgram memfoto cake dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

Cake daerah seperti odading sempat viral karena ulah netizen zaman sekarang yang suka berbagi, bisa dimanfaatkan juga media sosial untuk media promosi.

Sehingga cocok untuk netizen yang suka cake sebagai lahan market online toko anda

9. Menu Sederhana

Saat pandemi saat ini men sederhana dan spesial tidak kalah penting di explorasi. Jangan heran kalau jualan es teh saja omzetnya bisa luar biasa, dan hebatnya bisa membuka cabang dimana-mana.

Silahkan berexperimen dengan menu sederhana sesuai dengan pasion pembaca sekalian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.