Adab dan Doa Saat Bersin Sesuai Anjuran Nabi Muhammad

0

Setiap menusia dalam kondisi normal tentu pernah mengalami dan merasakan sensasi bersin. Secara medis ternyata bersin mempunyai beberapa khasiat yang luar biasa, kemungkinan sebagian dari kita tidak mengetahui hal tersebut karena dianggap biasa.

Bersin Secara Medis

Bersin sendiri bisa diartikan sbagai suatu aktifitas tubuh untuk mengeluarkan udara dengan keras, kuat disertai hentakan melalui dua lubang yakni hidung dan mulut. Bersin juga menjadi nikmat luar biasa dari Allah yang harus disyukuri.

Dengan bersin maka partikel negatif akan terkuras dari badan bersamaan dengan bersin. Yang dikeluarkan dari tubuh saat bersin adalah sejumlah hal seperti debu yang sangat kecil, atau kutu, atau mikroba yang terkadang masuk ke dalam organ pernafasan.

Sungguh Nabi Muhammad sudah mencontohkan ibadah dari aktifitas bangun pagi hongga tidur kembali. Bahkan untuk aktifitas seperti bersin sudah diajarkan oleh beliau. Islam juga telah mengatur adab-adab dan doa ketika bersin dan mendengar orang bersin.

Adab dan Doa Saat Bersin

Berikut ini adab orang bersin berdasarkan hadis Abu Hurairah RA.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ.

Artinya: “Bahwasanya apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersin, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya.” [HR. Ahmad II/439, al-Hakim IV/264, Abu Dawud no. 5029, at-Tirmidzi no. 2746. Lihat Shahih at-Tirmidzi II/355 no. 2205].

Doa ketika Bersin

Bagi orang yang bersin, dianjurkan untuk mengucapkan syukur dengan bacaan sebagai berikut :

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Alhamdulillaah

Artinya : “Segala Puji Bagi Allah.”

Sementara itu orang yang mendengarkan bersin juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan pahala dengan mengucapkan doa kepada orang yang bersin dengan ucapan sebagai berikut :


يَرْحَمُكَ اللهُ

Yarhamukalloh

Artinya : “Semoga Allah memberi rahmat kepadamu.”


Setelahnya, orang yang bersin diberikan kembali kesempatan untuk memberikan balasan doa kepada orang yang sudah mendoakan kita tadi dengan bacaan sebagai berikut:

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum

Artinya : “Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu.”

Demikian, begitu detail dan penuh dengan hikmah yang bisa kita ambil dari setiap ibadah yanng diajarkan. Semoga sedikit ulasan “Adab dan Doa Saat Bersin Sesuai Anjuran Nabi Muhammad“, bisa bermanfaat.

Foto : Pixabay


Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.