Doa Ketika Mendengar Petir

0

Berdoa dalam kondisi apapun, hikmahnya adalah agar kita mengingat Allah. Baik keadaan senang maupun tidak mengenakan. Salahsatu anjuran agar kita juga bisa berdoa saat mendengar petir.

Biasanya saat akan atau sedang terjadi hujan. Petir sendiri adalah suara yang yang bisa dianalogikan dengan sebuah kondensator raksasa, saat lempeng pertama berupa awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng keduanya adalah bumi (dianggap netral).

Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud) yang salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Terlepas dari pengertian dilihat dari ilmu pengetahuan alam tersebut, petir merupakan ciptaan Allah yang pantas kita mengagumi dan mengakui kebesaran penciptaanNya

Salah satu doa yang diajarkan dalam hadist dan disebutkan juga dalam kitab Almuwaththa’ dari sahabat Abdullah bin Zubair. Ketika mendengar petir beliau membaca doa berikut;

doa saat mendengar petir sesuai hadist
doa saat mendengar petir sesuai hadist

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khifatihi

“Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.”

Demikian “doa saat mendengar petir“, semoga menjadi pengingat dan bermanfaat buat kita semua.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.