Inilah Komponen Multimedia : Graphics,Text,Video,Sound, dan Animasi

Setelah kita mempelajari tentang pengertian multimedia, sekarang kita akan mencoba untuk membahas tentang komponen aplikasi multimedia, berikut diantaranya : Graphics,Text,Video,Sound, dan Animasi. Berikut penjelasannya

Graphics

Komponen grafis merupakan unsur yang mendominasi dalam sebuah sebuah presentasi multimedia, berikut beberapa diantaranya “a picture is worth a thousand words”

Kegunaan grafis antara lain :

  • Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep
  • Chart → untuk ilustrasi dan meringkas data-data numerik
  • Warna, bakground dan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi
  • Integrasi dari text, photo, dan grafik untuk mengekspresikan konsep, informasi atau suasana hati
  • Menunjukkan image dan budaya perusahaan
  • Simulasi dari lingkungan yang ada
  • Menjelaskan proses
  • Menjelaskan struktur organisasi Ilustrasi dari lokasi.

Grafis sendiri terdiri dari backgrounds, photos, grafik 3-dimensi, charts (graphs), flow chart, organizational charts, dan buttons.

Text

Pada awal sejarah peradaban, manusia telah menggunakan gambar-gambar dan tulisan untuk menceritakan tentang pengalaman, pengetahuan, dan perasaan mereka.

Teks sendiri merupakan alat komunikasi yang utama, jauh sebelum Gutenberg menemukan mesin cetak. Dengan perkembangan teknologi Multimedia, teks dapat dikombinasikan dengan media lain dengan cara yang lebih powerful dan bermakna untuk menyajikan informasi dan mengekspresikan perasaan.

Text dapat dirancang dengan :

  • Word Processor (WP) •Teks dibuat menggunakan WP kemudian di import dari Multimedia Authoring Program seperti Macromedia Director atau Macromedia Authorware dalam format Rich Text Format (RTF) –Authoring Software (AS)
  • Teks dibuat menggunakan fasilitas text editor yang terdapat dalam program seperti Macromedia Director

Baca juga “Pengertian, Sistem, Karir Multimedia, Dan Alasan Pilih Jurusan Multimedia.”

Video

Video telah diperkenalkan kurang lebih 50 tahun yang lalu. Namun hubungan antara video (televisi) dan komputer merupakan hal yang relatif masih baru; sedangkan digital video merupakan teknologi yang lebih baru lagi. •Orang akan lebih tertarik dengan aplikasi / presentasi yang menampilkan tayang dalam bentuk video.

Sound

Sound merupakan dimensi aural yang menentukan mood dan tercapainya tujuan presentasi.Jadi peran suara juga sangat penting untuk menghasilkan sebuah karya yang luar biasa dan bernilai tinggi. Suara dihasilkan oleh getaran suatu benda.

Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan sebagai “GELOMBANG”.

Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu, yang disebut sebagai “PERIODE”. Suara periodik : instrument musik, nyanyian burung, dll. Suara nonperiodik : batuk, percikan ombak, dll. Suara dibedakan ke dalam tiga, Percakapan (speech), Musik, Efek suara (sound effect).

Animasi

A simulation of movement created by displaying a series of pictures, or frames. Cartoons on television is one example of animation. Pengertian animasi secara singkat adalah gerakan yang dibuat dengan menampilkan serangkaian gambar, atau bingkai. Kartun di televisi adalah salah satu contoh animasi.

Demikian sedikit ulasan “Inilah Komponen Multimedia : Graphics,Text,Video,Sound, dan Animasi,” semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.