Mengenal Sejarah Formula E Pertama di Indonesia, Track, Anggaran dan

Khalayak biasanya lebih mengenal Formula 1 ketimbang Formula E, apalagi yang sering muncul di media adalah pembalap-pembalap Formula 1. Namun sejak Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengumumkan akan menyelenggarakan Formula E di Jakarta pada 6 Juni 2020 di Jakarta, pecinta otomotif tentu semakin penasaran.

Apasih sebenarnya formula e ini. Berikut beberapa ulasan singkat dari kami

Formula E atau nama resminya FIA Formula E Championship, adalah balap mobil kursi tunggal yang menggunakan energi listrik. Kejuaraan ini digagas pada tahun 2012, dan musim perdananya dimulai di Beijing pada bulan September 2014. Kejuaraan ini disetujui oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA). Alejandro Agag adalah pendiri dan CEO Formula E Holdings.

Proposal untuk kejuaraan balap mobil listrik mobil kursi tunggal berbasis kota, disusun oleh Jean Todt, presiden dari badan pengatur balap motor dunia, Federasi Otomotif Internasional (FIA), dan dipresentasikan kepada politisi Alejandro Agag, Antonio Tajani dan aktor Italia Teo Teocoli saat makan malam di restoran Italia di Paris pada 3 Maret 2011.

Tajani berkonsentrasi pada elektrifikasi industri mobil, mengurangi emisi karbon dioksida dan memperkenalkan sistem hibrida dan listrik. Agag mendukung proposal Todt lalu membahas tender untuk mengatur kejuaraan. Seperti kita ketahui bersama trend kendaraan berbahan listrik saat ini sedang dikembangkan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dampak Manfaat Formula E

Menurut pengamatan pemaparan Anies Baswedan hal ini tentu memiliki prospek yang bagus kedepannnya. Selain menarik investor untuk lebih mengenal Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Event ini juga diharapkan berdampak ekonomi yang luar biasa. Karena menurut keterangan event ini akan berlangsung 5 tahun berturut-turut.

Anggaran Formula E

Menurut informasi dalam pembahasan APBD Perubahan 2019 DKI Jakarta, ada anggaran Rp346 miliar yang diajukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Anggaran ini masuk ke dalam program destinasi pariwisata di Jakarta bernama ‘Partisipasi Event Olahraga Internasional di Dalam Negeri’. Apakah anggaran sebesar itu diperuntukan hanya untuk event ini kami belum bisa memastikannya.

Sementara itu dikutip dari CNN Indonesia, jumlah anggaran yang sudah diusulkan untuk perhelatan Formula E ialah sekitar 1,3 triliun rupiah. Angka ini terdiri sekitar 360 miliar untuk pembayaran commitment fee dan angka sekitar 934 miliar untuk biaya penyelenggaraan.”

Rute Track Formula E Jakarta

Rute Track Formula E Jakarta
Rute Track Formula E Jakarta

Track Formula E di Jakarta rencana akan berlangsung di sekitaran Monumen Nasional (Monas). Rute diatas diambil dari website skyscrapercity

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.