Bacaan Semua Kalangan

Alumni Google dan Kejayaan Startup di Dunia

0

Membaca ulasan panjang tentang kesuksesan alumni google atau dikenal dengan googler di Tirto oleh Ahmad Zaenudin membuat saya ingin membahas sedikit terkait hal tersebut.

Google

Setidaknya ada dua kata yang dekat dengan saya google dan startup. Google harus diakui merupakan perusahaan besar yang merintis bisnis internetnya. Menjadi pioner dan lahir di tempat yang mendukung perusahaan teknologi merupakan langkah awal untuk terus bertumbuh menghadapi perubahan.

Selain kita mendengan kisah sukses para karyawan google dalam tulisan Zaenudin tersebut dijelaskan bagaimana alumninya atau bekas karyawanya juga berjaya di tempat lain.

Beberapa faktor diantaranya mungkin saja karena kebiasaan disiplin dan terus berinovasi serta kebebasan ide yang menjadikanya sebagai budaya. Dan tentu banyak faktor lainnya.

Startup

Ada sebuah data yang menari diambil dari data Crunchbase, terdapat 1.587 startup yang didirikan oleh googler, 20 di antaranya berstatus sebagai perusahaan non-profit, dan dengan 26 di antaranya telah berstatus sebagai perusahaan terbuka.

Dan yang menarik adalah dari semuanya itu berhasil mendapatkan modal dari berbagai venture capital hingga mencapai USD64 miliar.

Google sendiri sudah berdiri sejak 4 September 1998 atau sekitar 22 tahun yang lalu. Di Indonesia baru beberapa tahun belakangan muncul startup yang berhasil menjadi unicorn dan sukses menginfluence banyak orang.

Organisasi Terbaik

Dari sini kita belajar, bahwa organisasi terbaik adalah yang terus berkembang dan melahirkan perusahaan perusahan baru yang juga besar. Walaupun ini kami melihat dari sudut pandang keduniaan saja. Semoga tulisan selanjutnya bisa melihat dari sudut pandang keakheratan juga hehe.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.